Kamis, 18 Oktober 2012

Manusia dan Kebudayaan

Pengertian Manusia 
         Manusia adalah kumpulan dari partikel-partikel atom yang membentuk jaringan-jaringan sistem yang dimiliki oleh manusia (ilmu kimia), manusia merupakan kumpulan dari berbagai sistem fisik yang saling terkait satu sama lain dan merupakan kumpulan dari energi (ilmu fisika), manusia merupakan makhluk biologis yang tergolong dalam golongan makhluk mamalia (biologi). Dalam ilmu-ilmu sosial manusia merupakanmakhluk yang ingin memperoleh keuntungan atau selalu memperhitungkan setiap kegiatan, sering disebut homo economicus (ilmu ekonomi), manusia merupakan makhluk sosial yang tidak dapat berdiri sendiri (sosiologi), makhluk yang selalu ingin mempunyai kekuasaan (politik) makhluk yang berbudaya, sering disebut homo-humanus (filsafat), dan lain sebagainya. 

Pengertian Kebudayaan
          Kebudayaan atau budaya berasal dari bahasa Sanskarta yaitu buddhayah,yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia.Kebudaya merupakan suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi.terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik,adat istiadat,bahasa,perkakas,pakaian,bangunan,dan karya seni.Semua itu merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis.Budaya adalah suatu pola hidup menyeluruh. budaya bersifat kompleks, abstrak, dan luas. Banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif. Unsur-unsur sosio-budaya ini tersebar dan meliputi banyak kegiatan sosial manusia,jadi kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat.Setiap manusia yang tinggal bermasyarakat dan menetap di suatu tempat memiliki kebudayaan yang berbeda-beda.
           Setelah melihat pengertian keduanya.Antara manusia dan kebudayaan dapat di simpulkn bahwa keduanya memiliki suatu hubungan.Jadi hubungan antara manusia dan kebudayaan adalah manusia sebagai perilaku kebudayaan,dan kebudayaan merupakan obyek yang dilaksanakan manusia.Manusia dan kebudayaan,atau manusia dan masyarakat,mempunyai hubungan keterkaitan yang erat satu sama lain yang tidak akan bisa terpisahkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar