Kamis, 29 November 2012

Lingkungan Pemasaran

          Lingkungan pemasaran adalah lingkungan perusahaan yang terdiri dari pelaku dan kekuatan di luar pemasaran yang mempengaruhi kemampuan manajemen pemasaran untuk membangun dan mempertahankan hubungan yang berhasil dengan pelanggan sasaran. Perusahaan harus terus melakukan pengamatan secara terus menerus dan beradaptasi dengan lingkungan yang bersifat kompleks dan terus berubah-ubah. Dengan mempelajari lingkungan, perusahaan dapat menyesuaikan strategi perusahaan untuk memenuhi tantangan dan peluang pasar yang baru.
          Lingkungan Pemasaran terdiri dari:
- lingkungan mikro (internal) merupakan pelaku yang dekat dengan perusahaan dan mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk melayani pelanggannya.Lingkungan mikro perusahaan terdiri dari: perusahaan, pemasok, perantara pemasaran, pasar pelanggan, pesaing, dan masyarakat.dan,
- Lingkungan makro (eksternal) merupakan kekuatan social yang lebih besar yang mempengaruhi lingkungan mikro perusahaan. Lingkungan makro perusahaan terdiri dari: Lingkungan demografis, ekonomi, alam, teknologi, politik, dan budaya.

contoh ligkungan pemasaran pada toko buah berikut :
lingkungan mikro (internal).

Nama Toko   : Toko buah babe H.Samper
Pemilik        : H.samper
Alamat         : Jl.Raya Ratna ,Bekasi
Karyawan     : 2 orang 
Jenis Usaha  : Perorangan
Berdiri sekitar 15 Tahunan,

          Toko buah ini menawarkan dan menjual buah-buahan segar dengan kualitas yang baik seprti : Mangga,Jeruk,Pisang,Pepaya,dll yang  langsung di pasok dari para petani buah dari dalam maupun luar kota  yang dikirim langsung untuk menjamin keadaan buah.Karena buah-buahan yang dijual masih dalam keadaan baik toko ini mendapat nilai plus dari para pembeli sehingga toko ini telah mempunyai banyak pelanggan setia dalam penjualannya.

lingkungan makro (eksternal).
          lingkungan makro (eksternal) dari toko ini yaitu ia berada pada tempat yang sangat strategis yaitu terletak pada pinggir jalan raya yang ramai yang sering dilalui banyak orang.dan juga pada daerah yang ramai penduduknya yang sangat mendukung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar