Jumat, 30 Oktober 2015

Contoh Penerapan CSR (Corporate Social Responsibility) pada sebuah Perusahaan

CSR (Corporate Social Responsibility) adalah suatu konsep atau tindakan yang dilakukan oleh perusahaan sebagai rasa tanggung jawab perusahaan terhadap social maupun lingkungan sekitar dimana perusahaan itu berada, seperti melakukan suatu kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar dan menjaga lingkungan, memberikan beasiswa untuk anak tidak mampu di daerah tersebut, dana untuk pemeliharaan fasilitas umum, sumbangan untuk membangun desa/fasilitas masyarakat yang bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat banyak, khususnya masyarakat yang berada di sekitar perusahaan tersebut berada.
Contoh Kasus :
Perusahaan yang menerapkan CSR (Coorporate Sosial Responsbility)
Nama Perusahaan  : United Tractors.Tbk
Program CSR (Coorporate Sosial Responsbility )Yang sudah dilaksanakan :
Perseroan menyadari bahwa operasional kami membawa dampak ekonomi, sosial dan lingkungan terhadap komunitas lokal di seluruh operasional kami. Kami secara transparan mengikutsertakan pemangku kepentingan dalam mengakomodir kemampuan kami untuk beroperasi. Perseroan bekerja sama dengan komunitas lokal untuk meminimalisir dampak yang merugikan dan meningkatkan peluang yang bermanfaat.
Visi dan misi dari program CSR Perseroan sejalan dengan strategi Catur Dharma Astra. Visi Perseroan adalah memberikan manfaat bagi setiap stakeholder termasuk komunitas dimana kami beroperasi. Dan misi Perseroan adalah memberikan kontribusi kepada kesejahteraan bangsa dan memelihara keseimbangan ekonomi, sosial dan lingkungan untuk menciptakan nilai tambah yang lestari.
Kami telah menerjemahkan visi dan misi tersebut ke dalam strategi jangka panjang dan jangka pendek. Di dalam strategi jangka panjang, tujuan kami adalah menjadi Green Corporation, yang menjalin hubungan harmonis dengan komunitas lokal, dan pada akhirnya kami ingin memperbaiki kualitas hidup dari komunitas lokal. Kami menetapkan strategi jangka pendek kami ke dalam 5 program, yaitu :
·         UTREES (United Tractors for Nature and Environment Sustainability): Bidang Lingkungan
Merupakan wadah dari seluruh kegiatan CSR yang bertema lingkungan, sebagai wujud kepedulian UT dalam mempertahankan keseimbangan alam dan memperbaiki kerusakan lingkungan
·         UTFUTURE (United Tractors for Education and Bright Future) : Bidang Pendidikan
Mengembangkan program pendidikan terpadu sekaligus menciptakan generasi muda yang berbakat dan penuh potensi.
·         UTGROWTH (United tractors for Generating Opportunities and Wealth) : Bidang Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat
Merupakan wujud partisapasi dalam pengembangan ekonomi masyarakat untuk membangun kemandirian masyarakat melalui kegiatan pemberdayaan dan kemitraan dengan target masyarakat disekitar operasional perusahaan.
·         UTCARE (United Tractors for Community Health Responsibility) : Bidang Kesehatan Masyarakat
Komitmen Perseroan akan perbaikan kesehatan bagi semua pemangku kepentingan.
·         UTACTION (United Tractors for Emergency Response and Action) : Bidang Tanggap Darurat
Program pengembangan untuk membantu masyarakat mengatasi situasi darurat dengan kami turut berpartisipasi secara aktif dalam penanggulangan bencana dan proses pemulihan, serta menyediakan bantuan sosial bagi korban dan wilayah terdampak.

Tanggapan Saya :
Menurut saya keputusan manajemen perusahaan untuk melaksanakan program-program CSR yang sudah direncanakan, pada dasarnya merupakan keputusan yang rasional. Sebab implementasi program-program CSR akan menimbulkan efek timbal balik yang akan dinikmati oleh perusahaan dan seluruh stakeholder-nya. Melalui CSR, kesejahteraan dan kehidupan sosial ekonomi masyarakat lokal maupun masyarakat luas akan lebih terjamin. Kondisi ini pada gilirannya akan menjamin kelancaran seluruh proses atau aktivitas produksi perusahaan serta pemasaran hasil-hasil produksi perusahaan.
Bila CSR benar-benar dijalankan secara efektif maka dapat memperkuat atau meningkatkan akumulasi modal sosial dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Modal sosial, termasuk elemen-elemennya seperti kepercayaan, kohesifitas, altruisme, gotong royong, jaringan dan kolaborasi sosial memiliki pengaruh yang besar terhadap pertumbuhan ekonomi. Melalui beragam mekanismenya, modal sosial dapat meningkatkan rasa tanggung jawab terhadap kepentingan publik, meluasnya partisipasi dalam proses demokrasi, menguatnya keserasian masyarakat dan menurunnya tingkat kekerasan dan kejahatan.

Saya berharap program-program ini benar-benar terleasisasi agar benar-benar menjamin kehidupan sosial di sekitar perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar